STICKER PRODUK POKLAHSAR NELAYAN MANDIRI SETOKOK MENGGUNAKAN DESAIN KARYA AULIA PADMA SISWI SMPIT DARUSSALAM

DARUSSALAMBATAM.COM-Setiap anak terlahir disertai dengan bakat dan potensi sebagai anugerah dari Allah SWT. Bakat dan potensi tersebut sudah seharusnya dieksplorasi serta dikembangkan baik oleh individu, keluarga, sekolah maupun masyarakat. Usaha pengembangan secara kontinue sangat penting sebagai bentuk latihan, menuju pribadi yang mampu berproses untuk lebih baik. Bakat dan potensi tersebut akan mendorong seseorang untuk terus kreatif dan inovatif sesuai dengan bidangnya. Sehingga bisa berprestasi bahkan mampu menghasilkan karya yang bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga orang lain.

Aulia Padma, siswi SMPIT Darussalam 01 Batam, telah menorehkan banyak prestasi di usianya yang masih remaja. Diantaranya, Juara 1 FLS2N Cabang Poster Tingkat Kota Batam Tahun 2019, Juara 1 Komik Islami yang diadakan SMP Insan Harapan Tahun 2019, Juara 3 Lomba Desain Poster di Milenial Road Safety Festival oleh Polda Kepri Tahun 2019, Peserta Terbaik 1 Desain Poster Lions Club Tahun 2018, Juara 3 Lomba Mural dan Grafitti yang diadakan HBU Internasional di Citiwalk Nagoya Tahun 2018. Capaian prestasi-prestasi tersebut diraih tidak dalam waktu yang singkat. Aulia secara intens melatih kemampuannya melalui bimbingan orangtua, sekolah, dan mengikuti kegiatan di sanggar. Setiap ada ajang perlombaan, baik orangtua maupun sekolah memfasilitasinya untuk mengikuti kompetisi itu. Hal ini dimulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) hingga di SMPIT Darussalam 01 Batam sekarang.

Meskipun sudah meraih banyak prestasi, Aulia akan tetap terus berkarya sebagai upaya eksistensi diri, memberikan kebahagiaan pada orangtua dan kebanggaan bagi sekolahnya. Prestasi terbaru yang diraih Aulia adalah hasil karyanya dalam lomba desain poster Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2019 yang bertemakan “Ekonomi Kreatif Masyarakat Setempat”, dijadikan sticker kemasan produk Kerupuk Ikan dan Ikan Asin Tamban Menari oleh Poklahsar Nelayan Mandiri Setokok. Hal ini berawal ketika Aulia melaksanakan survei ke Setokok dalam persiapan untuk mengikuti lomba, hasilnya dituangkan dalam bentuk desain poster dan meraih juara 1 di tingkat Kota Batam. Melihat hasil tersebut, masyarakat yang tergabung dalam Poklahsar Nelayan Mandiri Setokok tertarik menggunakannya sebagai sticker produk mereka.

Dengan desain sticker yang bagus, konsumen lebih tertarik untuk membeli sehingga kuantitas penjualan mereka akan meningkat. Pemasaran produk juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Karena yang akan dilihat oleh konsumen pertama kali adalah kemasan dan label produk. Sebelum penggunaan desain ini, penjualan produk mereka hanya di pasar tradisional. Namun sekarang, dengan desain yang lebih ‘berkelas’, produk Kerupuk Ikan dan Ikan Asin Tamban Menari dari Poklahsar Nelayan Mandiri Setokok tersebut lebih dikenal masyarakat luas. Produk ini telah di dipasarkan melalui pameran dan pasar yang lebih modern dengan tetap eksis di pasar tradisional. Bahkan produk ini telah menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Kota Batam.

Karya Aulia telah memberikan manfaat bagi masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras Aulia, dukungan serta do’a kedua orangtua dan pihak sekolah. Teruslah Menebar Manfaat Melalui Karyamu, Aulia Padma. (RF)

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top