Sejarah Kami

Berawal di Masjid Darussalam yang merupakan tempat melaksanakan sholat berjamaah dan aktivitas Ibadah lainnya bagi masyarakat muslim dilingkungan Perumahan Mukakuning Indah 1, kelurahan Tiban Asri Kecamatan Batam Barat (sekarang kelurahan Buliang, Kecamatan Batu Aji). Sekitar tahun 1996-1998, Jamaah yang aktif di masjid ini memikirkan masa depan generasi islam dalam bidang pendidikan, yang masih jauh dari jangkauan pendidikan formal dan non formal yang islami.Jamaah yang merupakan karyawan di perusahaan perusahaan yang berada di Batam bergabung untuk membantu mencerdaskan bangsa melalui pendidikan non formal berupa Play Group dan TK (Raudhatul Athfal), sebagai tahap awal pelaksanaan belajar di laksanakan di rumah Pak Purnomo, dan setelah Masjid Darussalam berdiri maka kegiatan belajar mulai di pindahkan di Masjid dengan memanfaatkan ruang Utama untuk tempat belajar dan halaman masjid sebagai tempat bermain.
Selanjutnya untuk menaungi dan mewadahi kegaitan kegiatan di Masjid dan Pendidikan maka secara resmi dan formal di bentuklah kepengurusan Yayasan pada 24 Maret 1997 dengan akta notaris Tuti Rachmawati Lalo dengan struktur kepengurusan Periode : 1997 – 2001-2002 sebagai berikut :
Pelindung : Camat Batam Barat, Penasehat : KUA Batam Barat, Ketua Umum : Dokter. B Anjar S, Ketua : Herman, Sekretaris : Joko, Bendahara : Wasito, Seksi pendidikan : Cecep Abar Amd Pd, Seksi Kesehatan : Arief, Seksi Keagamaan : Roziqien, Seksi Koperasi : Marno, Humas : Heryanto.
Kepengurusan Periode : 2001/2002- 2006 adalah Pendiri : Dokter B. Anjar Sisworo (Ketua), Pak Sakiyo, Pak Samsuardi , Ust. Sudiono (Anggota); Pengawas : Ust. Poernomo & Ust. Roziqien; Pengurus Yayasan : Pak Muchtar (Ketua) , Pak Barurrohim (Sekertaris) & Pak Joko Setiawan/ Marno (Bendahara),

kemudian diubah dengan akta perubahan tertanggal 21-11-2006 dan terakhir diubah dengan akta keputusan rapat tertanggal 10-12-2011, perubahan ini dilaporkan ke kementrian Hukum dan HAM, tertanggang 22-10-2013 dengan susunan kepengurusan, Dewan Pendiri : Dokter B. Anjar Sisworo (Ketua), Pak Sakiyo, Ust. Sudiono (Anggota); Pengawas : Ust. Poernomo & Ust. Roziqien; Pengurus Yayasan : Pak Muchtar (Ketua) , Pak Muhammad Arief SE (Sekertaris) & Pak Marno Spd. (Bendahara).
Seiring pertumbuhan anak anak yang tinggal di lingkungan Genta 1 dan sekitarnya banyak memasuk angkatan usia sekolah dasar maka Pengurus Yayasan melakukan pertemuan rutin yang di kemas dalam kegiatan Yasinan dimana tempatnya bergiliran di rumah anggota pengurus Yayasan untuk mematangkan berdirinya Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam, akhirnya pada 24 Oktober 2002 diresmikan SDIT Darussalam yang pada waktu itu berdomisili di lingkungan Masjid Darussalam satu lokasi dengan TK, TPA dan PG. Setahun kemudian SDIT 01 Darussalam pindah ke lokasi di Perumahan Taman Jaya Asri setelah mendapat lokasi lahan dari otorita Batam. Pada tahun 2006-2007 Yayasan Darussalam di minta untuk mengelola sekolah SD Al Muhtadin pluss oleh masyrakat Batu Aji Kapling Lama.
Kiprah Yayasan berlanjutkan pada 20 Oktober 2008 dengan membuka SMP Islam Terpadu Darussalam. Pembukaan SMPIT Darussalam 01 ini merupakan bentuk integrasi kelanjutan studi pada jenjang yang lebih tinggi. Selanjutnya, Juli 2015 berdirilah SMK Islam Terpadu Darussalam.
Selanjutnya perubahan Yayasan sesui dengan Undang Undang yayasan yang berlaku dan Akta Notaris Nomor : 10 tanggal 25-01-2017.di tetapkan kepengurusan Yayasan Darussalam Batam dengan susunan sbb: Dokter Banjar Sisworo (Ketua), Pak Sakiyo, Ust. Sudiono, Ust. Purnomo SE, Ir Nur Candra (Anggota); Pengawas : Ust. H Barurrohim SE, MM (Ketua) Ust. Roziqien, Pak Asnadi dan Pak Drs Jaswan (Anggota) ; Pengurus Yayasan : H Asep Rohmat ST (Ketua ), Drs Nandang Wahyu Juarsa (Sekretaris), Marno Spd ( Bendahara).

Struktur Organisasi Yayasan Darussalam Batam
Scroll to Top