SOLIDARITAS KUNCI DALAM MERAIH PRESTASI DI SMPIT DARUSSALAM 01 BATAM

DARUSSALAMBATAM.COM- Meraih prestasi merupakan impian dan target dari setiap institusi. Karena capaian prestasi menjadi salah satu indikator yang menunjukkan kualitas institusi tersebut. Kualitas sangat penting dalam menjaga eksistensi dan kepercayaan dari masyarakat. Untuk itu, semua institusi termasuk sekolah berupaya untuk terus meraih prestasi disetiap peluang yang ada.

SMPIT Darussalam 01 Batam setiap tahun berhasil meraih prestasi dalam berbagai bidang perlombaan yang diadakan, baik akademik maupun non akademik. Sebagai lembaga pendidikan yang masih termasuk berusia muda, hal ini menjadi capaian yang luar biasa dan harus bersyukur pada Allah SWT karena mampu berkompetisi dengan sekolah yang lebih matang dari segi pengalaman.

Namun untuk mencapai titik sekarang, bukan hal yang mudah. Kerja keras, optimisme, pantang menyerah, dan berdo’a menjadi modal untuk terus berjuang. Hal ini bisa terus ada karena adanya solidaritas seluruh warga sekolah, baik kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, bahkan orangtua serta dukungan pengurus yayasan. Dalam mengikuti setiap perlombaan dan kegiatan sekolah, SMPIT Darussalam 01 Batam melibatkan seluruh komponen tersebut melalui koordinasi yang berkelanjutan. Dimulai dari informasi pelaksanaan lomba, persiapan, hingga pelaksanaan.

Sejak terdapat informasi akan ada pendaftaran lomba, solidaritas itu sudah mulai terlihat. Terwujud melalui komunikasi dan koordinasi antara kepala sekolah dengan wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan kesiswaan, kemudian dilanjutkan dengan guru pembimbing. Guru pembimbing akan mengidentifikasi dan mengkoordinir siswa potensial yang akan didaftarkan menjadi peserta lomba.

Setelah mendaftar lomba, dilaksanakan persiapan dengan memberdayakan seluruh komponen sekolah. Persiapan melibatkan bukan hanya guru pembimbing saja, guru dan karyawan dilibatkan untuk mempersiapkan latihan lomba. Jika olimpiade dan lomba cerdas cermat, guru-guru ditugaskan oleh kepala sekolah untuk membuat soal-soal yang akan digunakan dalam latihan. Guru pembimbing melatih dan membimbing peserta lomba menggunakan soal yang telah dipesiapkannya dan soal yang dibuat oleh guru yang lain.

Persiapan bukan hanya tentang kognitif saja, tetapi mencakup persiapan keterampilan dan mental dalam menjawab soal. Untuk itu, dilaksanakan simulasi perlombaan sehingga siswa merasakan dan menjadi lebih terbiasa sebelum mengikuti perlombaan. Simulasi diikuti oleh peserta lomba dan supporter lomba. Pelaksanaan simulasi dipersiapkan bersama-sama oleh semua guru. Begitu juga jika mengikuti Porseni FLS2N, manasik haji, dan lomba yang lain. Persiapan dan latihan lomba mendapat dukungan dari seluruh warga sekolah, sehingga peserta lomba dan guru pembimbing semakin semangat. Mereka berjuang mengerahkan semua kemampuannya agar bisa memberikan yang terbaik dan menjadi pemenang.

Dalam pelaksanaan lomba, tanggungjawab utama diserahkan kepala sekolah kepada wakil kepala bagian kurikulum, guru pembimbing, dan guru pendamping peserta lomba dan tim supporter. Namun meski tanpa instruksi, semua guru dan karyawan merasa bertanggungjawab untuk ikut terlibat. Misalnya ketika final lomba cerdas cermat ATB yang diadakan hari Minggu, 27 Oktober 2019 semua guru dan karyawan semangat menyaksikan kompetisi tersebut. Bahkan ketua Yayasan Darussalam Batam juga memberikan dukungan dengan menghadirinya.

Semangat untuk berprestasi dimiliki oleh keluarga besar SMPIT Darussalam 01 Batam baik dari peserta lomba yang berjuang dalam bentuk persiapan pengetahuan dan mental, guru pembimbing yang berdedikasi dengan seluruh kemampuanya, guru pendamping yang selalu ada memastikan semua berjalan sesuai yang dipersiapkan, kepala sekolah yang memberikan pengarahan dengan bijaksana, wakil kepala sekolah yang mengkoordinir dengan optimal, pengurus yayasan, guru-karyawan, seluruh siswa serta orangtua yang memberikan dukungan tanpa henti.   Semoga solidaritas ini selalu ada dan terus meningkat, menjadikan SMPIT Darussalam unggul secara kualitas. (RF)

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top