EKSKUL MUSIK SMPIT 01 DARUSSALAM

DARUSSALAMBATAM.COM- SMPIT 01 Darussalam sebagai lembaga pendidikan formal memberikan fasilitas untuk para siswa untuk menyalurkan minat dan bakatnya melalui program ekstra kurikuler. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu. Ada beberapa jenis ekskul yang bisa dipilih oleh para siswa diantaranya, Jurnalistik, Badminton, Karate, Volley Ball, Desain Grafis, English club, Muhadatsah, Elektronika, Hadroh, Catur, dan PMR. Pada tahun ajaran 2019/2020 agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini SMPIT 01 Darussalam menambahkan satu ekskul baru yaitu ekskul musik.

Pada tahun sebelumnya ekskul musik telah ada, tetapi lebih khusus kepada musik-musik islami saja, yang lebih dikenal dengan hadroh, pada tahun ini SMPIT 01 Darussalam membuat terobosan baru dengan menambahkan ekskul musik yang memang mempelajari tentang musik konfensional seperti yang kita kenal. Sebagai ekskul baru di SMPIT 01 Darussalam, ekskul musik cukup mendapat antusian dari siswa, buktinya di tahun pertama ini terdapat 17 orang siswa (11 siswa kelas 7, dan 6 siswa kelas 8) yang berminat untuk masuk di ekskul tersebut.

Ekskul musik dibina oleh bapak Arie Pratama, S.Sn, seorang guru yang baru bergabung di Yayasan Darusalam Batam pada pertengahan tahun 2019, ia merupakan alumni dari ISI Padang panjang. Kegiatan ekskul musik ini dilaksanakan di ruang kelas 8B. Pada pertemuan awal ekskul musik, para siswa dibekali pengetahuan tentang teori musik, sejarah musik, unsur-unsur musik, serta jenis-jenis musik.

Untuk program ekskul musik, para siswa dituntut untuk bisa memainkan lagu-lagu wajib nasional dengan intrumen pianika. Sebelum memainkan sebuah lagu, siswa melakukan senam jari terlebih dahulu, senam jari yang dilakukan yaitu senam jari 5 nada dengan cara menakan nada do ,re ,mi ,fa ,sol secara bergantian dan terus menerus, ini bertujuan supaya jari-jari tidak kaku saat memainkan pianika, setalah senam jari dilakukan baru masuk pada lagu yang akan di pelajari.

Untuk lagu pertama, siswa belajar memainkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, tujuannya adalah ketika upacara bendera yang rutin dilaksanakan di hari senin pagi, para siswa yang tergabung dalam ekskul musik bisa mengiringi paduan suara ketika meyanyikan lagu Indonesia raya. Untuk saat ini ekskul musik menargetkan para siswa mampu menguasai lagu-lagu wajib nasional dengan intrumen pianika saja, pada tahun berikutnya akan ditambahkan dengan intrumen lain seperti gitar, piano, acordion dan biola. Dengan adanya ekskul musik, semoga rasa musikal para siswa SMPIT 01 Darussalam menjadi lebih bagus, yang di sertai dengan rasa cinta terhadap lagu-lagu wajib nasional. (Arie Pratama)

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top