Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Se Provinsi Kepulauan Riau

DARUSSALAMBATAM.COM- Kegiatan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah diadakan pada tanggal 3 sampai dengan 9 November 2019. Kegiatan yang berlangsung selama tujuh hari ini diselenggarakan oleh PPPPTK Pertanian Cianjur dan bertempat di Hotel Harmoni one Batam. Kegiatan berlangsung dari pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Adapun peserta pelatihan adalah kepala sekolah dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK se Provinsi Kepulauan Riau. Jumlah keseluruhan peserta 245 orang. Durasi waktu pelatihan yang sangat panjang dari pagi hingga malam tidak membuat surut langkah  para peserta pelatihan, dengan semangat yang tinggi para kepala sekolah mengikuti pelatihan dengan antusias.

Untuk lebih dapat menggali potensi para kepala sekolah maka Instruktur pelatihan yaitu Bapak Laode M Apdy Poto, S.St.Pi.,M.Si bersama Bapak Suripto, MM menerapkan metode diskusi kelompok. Para instruktur baik dari pusat maupun dari daerah memandu peserta pelatihan dengan sangat professional, handal dan terarah,  tanpa mengabaikan sisi humoris dan humanis. Satu kelompok beranggotakan 5-7 orang , adapun anggota kelompok diskusi sangat heterogen mulai dari jenis kelaminnya, tempat tugas/ asal sekolah yang dipimpinnya, usia dan asal daerahnya. Keberagaman ini merupakan kelebihan. Usia tidak membatasi seseorang untuk menyampaikan pendapat, baik yang masih muda maupun yang usianya lebih tua dan berpengalaman bersama sama saling bahu membahu untuk memahami materi. Selanjutnya hasil pemikiran tersebut dipresentasikan dan disusun menjadi sebuah laporan / tagihan tugas, yang lebih dikenal dengan LK (Lembar Kerja).

Kegiatan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah menggunakan pola 71 JP tatap muka. Adapun struktur program yaitu : Kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Teknik Analisis Manajemen, Pengembangan Rencana Kerja Sekolah, Pengelolaan Kurikulum, Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pengelolaan Peserta didik, Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru, Supervisi dan Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan, Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Kepemimpinan Perubahan, Pengembangan Kewirausahaan, dan Pengembangan Sekolah berdasarkan SNP (Standar Nasional Pendidikan).

Maksud dan tujuan Pelatihan tersebut adalah untuk memperdalam kemampuan kepala sekolah dalam memimpin dan mengelola satuan pendidikannya, serta memiliki performa sebagai kepala sekolah bagi seluruh warga sekolah. (Zunit Fatin)

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top