SMPIT 01 DARUSSALAM BATAM LAKSANAKAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SECARA ONLINE

Darussalambatam.com– SMPIT 01 Darussalam melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi perserta didik baru Tahun Pelajaran 2020/2021. Kegiatan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 13-15 Juli 2020. Pelaksanaannya diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan semasa pandemi, yaitu dilakukan secara online dengan aplikasi Zoom dan Youtube.

Selama tiga hari kegiatan MPLS, ada tiga materi pokok yang disampaikan kepada siswa. Pertama pengenalan lingkungan sekolah, kedua penyampaian Materi Wiyata Mandala, dan terakhir Pemberian Gambaran Tentang Pelaksanaan Pembelajaran dan Program Pendidikan di SMPIT 01 Darussalam.

Hari pertama, kegiatan MPLS diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Setelahnya acara beralih ke penayangan video pembukaan MPLS dan penyerahan siswa baru dari orang tua kepada sekolah. Acara dilanjutkan dengan pengenalan visi misi lingkungan sekolah yang disampaikan oleh kepala sekolah Ibu Zunit Fatin, S.Pd – yang berlanjut dengan pengenalan Wali kelas 8A, 8B, 8C, 8D.

Sebelum istirahat, kegiatan di isi dengan penyampaian Materi Wawasan Wiyata Mandala melalu Zoom oleh Ibu Yannik Ariyati, SE, M.M. Setelahnya, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Materi Kepramukaan oleh Bapak Rohman Fauzi, S.Pd.I. Lalu acara ditutup dengan penayangan video tentang Pengenalan Guru-Guru SMPIT 01 Darussalam.

Hari kedua, rangkaian MPLS dimulai dengan mengisi daftar hadir melalui WA Wali Kelas dan Shalat Dhuha. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Wali Kelas 7A, 7B, 7C, 7D, dan penyampaian Materi Pengenalan Kurikulum melalui Zoom oleh Bapak Masningrat, S.Pd. Lalu acara berlanjut dengan penyampaian materi tentang Tata Tertib Sekolah/ Strategi Penanganan Siswa dan Ekstrakurikuler yang ada di Sekolah.

Setelah itu di isi dengan penyampaian Materi Kesadaran Berbangsa dan Bernegara oleh Bapak Rozi Firdaus, S.Pd hingga istirahat.  Selesai istirahat, acara dilanjut dengan penayangan video Pengenalan Mars PPK dan Mars SMPIT 01 Darussalam. Kemudian kegiatan ditutup dengan penyampaian Materi Belajar Efektif yang dipaparkan olej Ibu Alif Febriani, S.Pd.

Hari ketiga, setelah mengisi absen dan Sholat Dhuha, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Pendidikan Karakter oleh Bapak Khairul Azmi, S.Sos.I, materi Tata Krama dari Ibu Meilikasari S.Pd.I, dan materi Pembinaan Mental Agama oleh Bapak Samad, S.Pd.I. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan Penutupan MPLS oleh Kepala Sekolah.

Melalui kegiatan ini diharapkan siswa baru bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan dapat terciptanya interaksi yang positif antara mereka dengan warga sekolah lainnya. Sehingga nantinya saat mengikuti pendidikan di sekolah para siswa tersebut dapat mengikuti proses pembelajaran dengan nyaman. (RF)

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top