Serentak, 1.000 Siswa SDIT Darussalam 01 Batam Menulis Puisi

Siapa tak mengenal puisi, saya yakin hampir semua orang tahu, apa itu puisi?.  Semua orang menulis puisi  meski orang tersebut tidak sadar bahwa yang ditulisnya termasuk ke dalam puisi. Menurut Rahmat Joko Pradopo seorang sastrawan Indonesia berpendapat bahwa puisi adalah ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan, ia mampu membangkitkan imajinasi panca indera dalam suasana yang berirama.

Pada kesempatan kali ini, 1.000 siswa SDIT Darussalam 01 Batam mengikuti sebuah lomba yakni, GSMB “Gerakan Siswa Menulis Buku”. Lomba ini merupakan Festival Literasi yang bertaraf nasional. Karya siswa SDIT Darussalam 01 Batam yang masuk seleksi nantinya akan diterbitkan dalam satu buku bersama Joko Widodo (Presiden RI ke-7), B.J. Habibie (Presiden RI ke-3), Najeela Shihab (Inisiator Semua Murid Semua Guru), Najwa Shihab (Duta  Baca Nasional), Elizabeth Sudira (Duta Bahasa Nasional), Sapardi Djoko Damono (Sastrawan Indonesia), Aan Mansyur (Penulis Buku Best Seller), Khrisna Pabhicara (Penulis Buku Best Seller), Lenang Manggala (Sociopreneur).

Acara menulis puisi dilakukan di lapangan SDIT Darussalam 01 Batam pada hari Senin, 12 Agustus 2019. Semua murid sangat antusias dalam menulis puisi. Hal ini bisa dilihat dari raut wajah siswa-siswi SDIT Darussalam 01 Batam ketika mereka menulis puisi. Tersenyum, mengerutkan dahi, memejamkan mata entah apa yang mereka tulis dalam secarik kertas. Mungkin saja para siswa sedang merasakan betapa nikmatnya menulis sebuah puisi hasil karya sendiri.

Salah satu dewan guru SDIT Darussalam 01 Batam bernama Ibu Tri Rahmawati selaku tim dari GSMB berpendapat mengenai acara tersebut bahwa menulis puisi adalah berkarya menorehkan cerita lewat tinta, mengenalkan walau mungkin tidak semua mau kenal, menggerakkan walau tak semua mau bergerak, mengajarkan walau mungkin tidak semua mau diajari. Prestasi tidak hanya mendapat nilai yang bagus dan berperingkat. Lebih dari itu, masih banyak hal yang dapat dilakukan di luar akademik. Mungkin hal itu dapat menjadi bekal kelak hidup di maasyarakat.

Semoga semua karya puisi yang hasil karya siswa SDIT Darussalam 01 Batam bisa menjadi inspirasi bagi pembacanya. Amin

Penulis: Tri Rahmawati

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top