Rayakan Idul Adha, SMPIT Darussalam Batam Latih Siswa dalam Pelaksanaan Kurban

Siswa dan siswi SMPIT Darussalam menyaksikan proses penyemblihan hewan kurban.

darussalambatam.com, Batu Aji – Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1440 H, SMPIT Dasrussalam Batam, Senin (12/8/2019) melasanakan pemotongan hewan kurban di halaman sekolah di Komplek Pendidikan Darussalam 1, Kelurahan Buliang, Kecamatan Batu Aji.

Momen tahunan ini bertujuan untuk mengajarkan para siswa agar menaati perintah Allah, yaitu dengan bertakwa kepada Allah SWT. Kegiatan ini juga sebagai latihan berkurban bagi para siswa dengan cara mengumpulkan infak untuk membeli hewan kurban.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi media pembelajaran bagi siswa untuk lebih mengetahui bagaimana proses penyembelihan hewan kurban. Sehingga dalam pelaksanaannya siswa dilibatkan mulai dari proses penyemblihan, menguliti, hingga memotong daging kurban.

Kegiatan diawali dengan Shalat Dhuha bersama di lapangan. Kemudian penyampaian tausiyah Idul Adha oleh Ustadz Marno. Setelah itu seluruh siswa menyaksikan proses pemotongan hewan kurban.

Dalam tausiyahnya Ustadz Marno menyampaikan, kurban melanjutkan ajaran Nabi Ibrahim AS kekasih Allah SWT yang ketika itu diperintahkan menyembelih anaknya, Ismail, dan Allah ganti dengan hewan kurban. Berkurban salah satu syariat Allah yang patut disyukuri. Karena berkurban merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan cara menginfakkan harta di jalan benar.

Untuk memeriahkan kegiatan perayaan Idul Adha ini, acara juga diisi dengan perlombaan nasyid dan kaligrafi yang di ikuti oleh setiap tingkatan kelas. Kegiatan berakhir pukul 11.00 WIB. Selanjutnya iswa-siswi makan bersama, kemudian pulang.

Rozi Firdaus-SMPIT

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top