[UPDATE Pemenang]: Pengumuman Lomba Menulis Dongeng Islami

Assalamualaikum,  Cikgu

Alhamdulillah, Tahun Baru Islam sebentar lagi tiba. Siapkan diri cikgu untuk ikut memeriahkannya. Unjukkan bahwa tahun baru islam itu ada dan kita bisa menyambutnya dengan gembira, Setuju?

Untuk memeriahkannya panitia PHBI Darussalam sudah mempersiapkan berbagai lomba.  Saya mau sampaikan satu dulu saja. Izin ya pak ketu…

Lomba ini Masih sepaket dengan lomba-lomba lainnya di tahun Baru Islam ini.  Karena butuh rentang waktu dalam prosesnya, maka saya umumkan duluan.

Mendengarkan dongeng ketika mau tidur pastinya menyenangkan. Rasanya dininabobokan sedemikian rupa. Bagi yang pernah merasakannnya, kecuali masa kanak-kanaknya kurang bahagia, akan teringat bagaimana orang tua kita berkisah dongeng kancil dan buaya  atau kisah si Kabayan. Mimik dan suara yang sedmikian rupa menirukan. Sesekali tangannya mengelus  rambut kita.

Dongengnnya sarat makna dan dan pesan moral. Biasaya sedikit dibumbui dengan kelucuan, kelicikan atau keserakahan.  Pesan itu tersimpan rapi di memori kita.  Sampai sekarang  kita masih bisa membayangkannya.  Dan itu salah kompas di bawah sadar kita untuk beperilaku baik, bukan?

Nah,  karena ditimbang efektifnya pengajaran melalui dongeng, maka perlu seabrek dongeng yang bisa dijadikan referensi.   Dongeng yang baru tentunya akan semakin memikat anak-anak untuk belajar dan diteladani.  Untuk itu kami menyelenggarakan ajang lomba menulis dongeng. Untuk ketentuan lebih jelasnya bisa cikgu baca pengumuman berikut ini:

================================

LOMBA MENULIS DONGENG

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriah 1441 H ini, diadakan Lomba Menulis Cerita Anak (Dongeng) Islami dengan informasi sebagai berikut :

TEMA LOMBA

 “Penerapan pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. Karakater utama  meliputi Religius, Integritas, Nasionalis, Mandiri dan Gotong Royong.

  PENDAFTARAN

  1. Peserta lomba adalah seluruh guru dan karyawan Yayasan Darussalam Batam
  2. Pendaftaran cerita anak (dongeng) dimulai dari tanggal 20 Agustus – 3 September 2019.
  3. Cara daftar adalah langsung dengan mengupload/mengirim karyanya di WAG DARUSSALAM UNGGUL dengan mencantumkan identitas nama dan sekolah di bawahnya.
  4. Tiap peserta dapat mengirimkan lebih dari satu buah tulisan untuk mengikuti lomba ini
  5. Peserta boleh mewakili personal atau lembaganya
  6. Lembaga wajib mendaftar minimal 1 guru untuk menjadi peserta
  7. Tidak ada batas minimal dan maksimal banyaknya kata.

 PENJURIAN

  • Penilaian akan dimulai dari tanggal 20 Agustus sampai dengan 3 September 2019
  • Pemenang akan dipublikasikan di website darussalambatam.com – https://darussalambatam.sch.id/pada tanggal  7 September 2019 dan diumumkan pada acara 1 muharram.
  • Panitia akan memilih 3 tulisan
  • Hasil seleksi adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Peraturan ini dapat diubah dan direvisi sewaktu-waktu demi kebaikan bersama tanpa mengurangi inti dari lomba ini.

 JURI

Juri tunggal : OM JAY

PENILAIAN ARTIKEL

  • Penilaian utama dinilai dari kualitas tulisan
  • Kesesuaian dengan tema, syarat, dan ketentuan lombaContoh judul cerita Dongeng tentang Kado Berpita Biru buat si Jujur , Fabel tentang Kisah Si Semut bergotong royong, atau Cecak yang Sabar.
  • Cerita Anak (dongeng) diperuntukkan untuk dibacakan kepada anak-anak siswa 4 – 17 tahun. (anak-anak atau remaja)
  • Orisinalitas artikel (postingan), dilarang keras plagiatisme ataupun copy-paste artikel / karya orang lain
  • Dilarang menterjemahkan artikel / cerita
  • Kreatifitas atau keunikan yang memiliki konsep Edukasi, terutama untuk anak-anak
  • Value/nilai kemanfaatan dari artikel yang didaftarkan.

 HADIAH : Berupa voucher belanja dan Bingkisan menarik

 Berminat, ayo unjukkan gigimu, eh…. karyamu cikgu….

By: Admin

===============================================================================

Assalamualaikum,

Setelah Juri Om Jay menilai karya tulis fiksi peserta lomba menulis dongeng di peringatan tahun baru hijritah 1441 H, diputuskan 3 pemenang yaitu:

  1. Ibu Ria Bariah, S.Pd. dari RA Darussalam dengan karyanya  Harimau dan Burung Elang. http://omjaylabs.blogspot.com/2019/09/harimau-dan-burung-elang-fabel.html
  2. Ibu Siti Rohmah, S. Pd. dari SDIT Darussalam 01 dengan karyanya Pantang Menyerah http://omjaylabs.blogspot.com/2019/09/pantang-menyerah.html
  3. Bapak Syahrul Ramadhan, S.Pd. dari SMKIT Darussalam dengan karyanya Induk Ayam yang Rakus http://omjaylabs.blogspot.com/2019/09/induk-ayam-yang-rakus.html

Pemenang dapat mengambil hadiah di sekretariat panitia Peringatan 1 Muharram 1441 Hijriyah bertempat di kantor pak guru SDIT Darussalam 01 Batam. Hadiah berupa piala dan voucher belanja. Selain itu untuk semua naskah yang dimuat di Web Darussalam juga mendapatkan hadiah, penulis nya silahkan menghubungi Bu Juan di Kantor Tata Usaha SDIT Darussalam 01 Batam.

Sekian dan terima kasih, mohon maaf ada ketelatan dalam pembagian hadiah, dikarenakan ada kesalahan teknis di lapangan.

Wassalam

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top