Narasi-Narasi Guru Berprestasi, Abadi dan Tak Akan Pernah Basi

Pada saat upacara 17 agustus kemarin, pasti anda tak melewatkan bagian acara yang satu ini bukan?  Itu tuh sesi pengumuman penghargaan guru dan siswa berprestasi . Ya, kegiatan tersebut salah satu  agenda yang selalu dinanti-nanti setiap peringatan 17 agustus di yayasan kita.

Menyoroti kegiatan tersebut, saya tidak akan membahas hadiahnya yang makin berjibun. Ditambah lagi untuk tahun ini ada voucher belanja…eea… (Kalo bisa sih tahun depan diumrohkan guru yang  17 tahun pengabdian, kan angkanya klop dengan  tujuh belas agustus eea..). Hal bni bikin guru-guru kita penasaran dan kepingin dihitung lama kerjanya dengan bilangan loncat 5.  lima  tahun, sepuluh  tahun,  limabelas  tahun… biar tiap tahun dipanggil ke depan …haha…. wah, banyak kali maunya nih bikin pening yayasan.

Saya juga tidak akan membahas Bu Zunit  yang kegirangan karena  sampai  dua kali dipanggil saking berprestasinya . Setelahnya, beliau kelihatan kerepotan sebab kanan kirinya penuh bingkisan. Cuma ketika ditawarin untuk membawakan bingkisannya pulang  agar sedikit ringan bawaannya, beliau menolak secara halus.  Masih butuh katanya … ya iya lah itu kan bukan bantuin…itu mah namanya minta hehe…

Saya pun tidak akan membahas  Pak Gilang yang emang tiap tahun dapat panggilan terus, dapat bingkisan terus, nyampe tiga tahun berturut-turut. Mantap pokoknya. Jangan-jangan panggilannya pakai  kelipatan 5  tahunan?. Engga juga keles. Beliau memang prestatif. Layak tiap tahun dapat penghargaan. Lomba Pantomimnya juara terus tiap tahun. Memangnya kek pak omas lomba balap ngitung bulu kucing  aja kalah… hehe…

Nah yang mo dibahas ini loh tentang narasinya.  Masih ingatkan, saat pemanggilan itu  tidak ujug-ujug dipanggil nama, namun ada pengantar sebelumnya. Nah siapa coba yang bikin narasinya? Yap betul Mukidi, eh bukan, tak ada nama guru Mukidi di kita tuh… hihi…

Karena kita sedang bahas narasi, jadi untuk tahu orang yang buatnya pakai narasi juga,  ya. Coba tebak setelahnya ya…

Ibu yang satu ini pemabawaannya lembut  banget, (tergolong  makhluk halus engga ya)
Beliau sukses dengan program KBnya, (slogannya “cukup anak 2 saja”….eeh yang terbaru motonya “2 anak lebih baik”)
Tiap berangkat sekolah pakai motor, ( tapi pernah juga sih naik  mobil…)
Kesukaannya pepaya mentah, apalagi pepaya masak  doyan banget (alamaaaak)

Waduh ribet banget sih narasinya, tinggal nyebutin namapun.”
Iya dialah bu Wiwin, kepala sekolah SDIT Darussalam 01 Batam. Narasi buah karyanya cukup elok. Coba kita baca satu-satu:

Siapa yang tak kenal dengan sosok satu ini.
Senior,  cantik, serba bisa dan multitalenta.
Walau usia tak muda lagi,  tetapi faktor U tidak menghalangi beliau untuk berprestasi.
Tidak mau kalah dengan yang muda,  mengajar tematik kelas 6 dengan semangat 45,
akhirnya membuahkan hasil 2 anak didiknya meraih peringkat 2 dan 4 nilai tertinggi USBN sekota Batam /kepri…. Inilah Ibu hajah Neneng Rosa,  S.Pd

Tuh kan cakep……

Ibu guru satu ini jarang tampil dan tidak mau menonjolkan diri,
dipercaya menjadi walikelas 6 sejak 4 tahun yang lalu sampai saat ini,
adalah bukti bahwa beliau telaten dan punya motivasi tinggi…..
Ibu guru imut kita, Ibu Marfuah,  S.Pd.I

Gimana menurutmu? coba baca yang ke tiga…

Ibu dokter satu ini lebih memilih menjadi guru SD.
Untuk memenuhi kualifikasinya,
beliau rela kuliah lagi 3 semester agar tetap linier di dunia pendidikan.
Soal prestasi tidak diragukan lagi,
juara 1 guru prestasi tingkat kota,
sampai stand up komedi pernah disaandangnya….
lbu Dokteranda lndah Lestari Retnowati….

Makin seru bukan?

Sekali ketemu dengan ibu satu ini,
pasti sudah bisa menebak kalau beliau berasal dari jawa,
pembawaannya  kalem, dikenal siswa sebagai guru yang sangat sabar dan penyayang…..
Walau baru bergabung di kelas 6 sebagai wali kelas,
beliau cepat bisa menyesuaikan diri,  maklum sudah termasuk senior di Darussalam.
Ibu Yuyun Rusmawati,  S. Pd

Belajar dengan bu guru cantik satu ini pasti menyenangkan,
karena yg sulit bisa jadi mudah,
yang membosankan bisa jadi menyenangkan,
yang lagi sedih bisa jadi gembira.
Pelajarannya banyak dikemas menjadi lagu yang ceria sehingga mudah untuk dihafal dan diingat….
IPS,  PKN jadi pelajaran yang dirindukan….gurunya lebih dirindukan lagi…..
Ibu Himayatul Aliyah,  S.Pd

Berdasarkan survey beberapa kelas di SDIT 01,
kesan pertama ketika bertemu sosok satu ini,  serem,  galak,
bahkan ada yang bilang mengerikan.
Namun setelah melihat senyumnya dan mengenalnya,
kesan itu akan segera berubah.
Ternyata beliau baik,  kata anak².
Punya kelebihan di bidang matematika,
membuat ibu satu ini dipercaya menjadi walikelas 6 sejak 3 tahun lalu….
Ibu Rina Roza,  S.Pd

Berjibaku dengan angka² adalah hobynya.
Dipercaya menjadi guru bidang studi matematika
membuat beliau termotivasi utk mencetak ilmuwan² di bidang matematika
yang nantinya akan menggantikan para pemimpin bangsa.
Tidak tanggung², membimbing siswa OSN pernah sampai tingkat nasional,
dan yang masih hangat adalah 5 siswa berhasil meraih nilai 100 di USBN 2019….
Ibu Ratih Wulandari, S. Pd. SD

Nah, ini yang terakhir…

Nama adalah doa.
Arti dari nama pak guru satu ini adalah “bercahaya terang”.
Alhamdulillah, Doa dan harapan ayah bundanya terkabul
karena saat ini pak guru tersebut bak cahaya berkat prestasi yang diraihnya.
Dengan jiwa seni yang dimiliki,  dan berkat tangan dinginnya,
siswa di bawah bimbingan beliau selalu berhasil lolos ke tingkat propinsi
maupun nasional dalam bidang pantomim.
Tidak hanya itu, bidang seni yang lain pun sering menyabet juara…
Mungkin sudah jodoh mengabdi di Darussalam,
selain banyak prestasi diraih,
Allah pun mempertemukan beliau dengan jodohnya di SDIT Darussalam 01….
Pak Gilang Permana,  S.Sn

Bagaimana kawan? Menarik bukan narasinya. Pasti dooong.
Kok perasaan kemarin yang dibaca banyak tidak cuma itu?
Ya emang masih banyak tapi kan beda penyusunnya. Tidak Cuma Bu Wiwin.  Beliau  hanya bikin untuk guru-gurunya saja hehe… dan yang lain belum mampir ke meja redaksi…
Ingin dibuatkan narasi oleh Bu wiwin atau kepsek lembaga cikgu, syaratnya tahun depan pengabdian Anda mesti kelipatan 5 tahun atau Anda berprestasi…. sudah dulu ya…..salam.

Alhamdulillah, Seiring gerimis turun…
Batam , 20/8/2019
Bu Wiwin plus Admin

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top