Uji Coba E-Learning di SDIT Darussalam 02 Batam, Menjawab Tantangan Era Teknologi Industri 4.0

Proses belajar mengajar akhir-akhir ini mulai memasuki platform digital banyak penyedia aplikasi yang bisa digunakan salah satunya adalah edmodo, dengan aplikasi ini siswa-siswi diharapkan menembus batas ruang dan waktu dan mampu belajar dimana saja asalkan tersedianya jaringan internet, siswa-siswi SDIT Darussalam 02 memiliki inisiatif mencoba menggunakan platform gratis edmodo pada pembelajaran Qishoh, mengingat pada mata pelajaran ini memiliki muatan materi yang padat, edmodo adalah salah satu optional agar proses belajar mengajar bisa terlaksana sesuai harapan. banyak aplikasi media sosial yang bermanfaat bagi pendidikan.

Salah satunya adalah aplikasi Edmodo. Aplikasi tersebut menawarkan kemudahan dalam berdiskusi kelas karena fitur-fitur yang dimiliki dalam aplikasi Edmodo berpengaruh pada proses pembelajaran secara online.  Selain itu, aplikasi tersebut dapat digunakan oleh semua orang , mulai dari orang tua, guru, maupun siswa karena dapat diakses melalui handphone  masing-masing. Melalui aplikasi tersebut, orang tua, guru, maupun siswa dapat bergabung dalam suatu grup kelas yang sama dengan fitur yang berbeda. Dengan begitu, orang tua maupun guru dapat memantau aktivitas belajar siswa secara online dengan mudah.

Berbagai informasi yang berhubungan dengan pembelajaran dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi Edmodo. Pada saat di rumah, siswa bisa membuka aplikasi Edmodo untuk mendiskusikan mengenai tugas bersama dengan teman-temannya dibandingkan hanya bermain game atau media sosial lainnya. Hal ini dikarenakan guru dapat dengan mudah me

mberikan tugas kepada siswa secara online agar waktu bermainnya banyak digunakan untuk belajar. Selain itu orang tua juga dapat memantau kegiatan belajar anaknya saat di rumah.

Edmodo adalah layanan gratis yang memungkinkan guru dapat menciptakan dan memelihara komunitas kelas mereka sendiri dengan aman. Edmodo digunakan untuk berbagi konten pendidikan, mengelola proyek dan tugas, menangani pemberitahuan setiap aktifitas, melakukan kuis dan acara, dan memfasilitasi secara penuh terhadap keterlibatan pengalaman belajar antar siswa di kelas juga siswa lainnya dalam jaringan belajar professional.

Menurut Pitoy (2012) Yesi Syofiarni (2014), menyatakan bahwa Edmodo merupakan sebuah platform sosial network bagi guru dan siswa untuk berbagi ide, file, agenda kegiatan dan penugasan. Edmodo dirancang untuk menciptakan interaksi guru dan siswa yang menekankan pada komunikasi yang cepat, poling, penugasan, berbagi ide, dan banyak hal lagi. Sebagai pendidik, Edmodo memberikan fitur untuk berbagi file, link, tugas, nilai serta peringatan secara langsung kepada siswa. Sedangkan sebagai siswa, fitur yang diberikan adalah mereka dapat berkomunikasi dengan gurunya secara langsung, berdiskusi dengan siswa lain, mengirimkan tugas secara langsung dan banyak lagi.

Sementara itu, Jenna Zwang (2010) dalam Yesi Syofiarni (2014), menyatakan bahwa Edmodo adalah sebuah situs pendidikan berbasis social networking yang di dalamnya terdapat berbagai konten untuk pendidikan. Guru dapat memposting bahan-bahan pembelajaran, berbagi link dan video, penugasan proyek, dan pemberitahuan nilai siswa secara langsung. Selain itu juga Edmodo dapat menyimpan dan berbagi semua konten digital termasuk blog, link, gambar, video, dokumen, dan presentasi.

Maka dapat disimpulkan bahwa Edmodo adalah sebuah platformweb dengan menggunakan konsep social networkingberbasis Microbloggingyang dikhususkan untuk membangun lingkungan belajar onlineyang aman untuk berbagi data, informasi serta konten-konten pendidikan baik berupa tulisan,dokumen, video, audio, foto, kalender, linkyang dapat dibagikan baik oleh guru maupun siswa danjuga konten khusus berupa nilai, kuis, acara kegiatan, penugasan dan poling yang hanya dapat dibagikan oleh guru.

Edmodo memiliki fitur yang dikhususkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Edmodo mengklasifikasikan fiturnya berdasarkan pengguna yaitu guru dan siswa. Dibawah ini adalah fitur yang ada pada Edmodo.

  1. Assignment

Assignment digunakan oleh guru untuk memberikan penugasan kepada siswa secara online. Fitur ini dilengkapi dengan waktu deadlinedan fitur attach file sehingga siswa dapat mengirimkan tugas dalam bentuk file secara langsung kepada guru. Selain itu, kiriman Assignment juga terdapat tombol “Turn in” yang menandakan bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka. Guru dapat secara langsung memberikan penilaian terhadap hasil tugas yang telah dikerjakan siswa. Skor yang diberikan secara otomatis akan tersimpan dalam fitur gradbook.

  1. File and Links

Pada fitur ini guru dan siswa dapat mengirimkan pesan dengan melampirkan file dan link pada grup kelas, siswa atau guru lainnya. File yang dilampirkan berlaku untuk semua jenis ekstensi seperti .doc, .pdf, .ppt, .xls, dll.

  1. Quiz

Quiz digunakan untuk memberikan evaluasi secara online baik berupa pilihan ganda, isian singkat, maupun soal uraian. Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa hanya mengerjakannya saja. Fitur ini dilengkapi dengan batas waktu pengerjaan, informasi tentang kuis yang akan dibuat, judul kuis dan tampilan kuis. Perhitungan skor pada setiap butir soal quiz dilakukan secara otomatis untuk jenis pertanyaan pilihan ganda dan isian singkat, sedangkan untuk penskoran soal uraian harus diperiksa oleh guru terlebih dahulu.

  1. Polling

Polling hanya dapat dibuat oleh guru untuk dibagikan kepada siswa. Biasanya guru menggunakan polling untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu yang berkenaan dengan pelajaran.

  1. Gradebook

Fitur gradebook digunakan sebagai catatan nilai siswa. Pemberian nilai dapat dilakukan oleh guru dan dapat diisi secara manual atau secara otomatis. Pengisian nilai secara otomatis hanya bisa dilakukan berdasarkan hasil skor Assignment dan Quiz. Penilaian pada gradebookdapat di-export menjadi file.csv. Dalam fitur ini, guru mengatur penilaian hasil belajar seluruh siswa. Guru dapat mengatur nilai maksimal pada masing-masing subjek nilai. Nilai total adalah persentase dari nilai keseluruhan setiap siswa secara otomatis oleh sistem. Untuk penilaian Quiz diisi secara otomatis oleh sistem berdasarkan hasil Quiz setiap siswa. Pada siswa, fitur ini hanya dapat dilihat berupa rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.

  1. Library

Fitur ini digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai sumber pembelajaran dengan konten yang beragam. Dengan fitur library, guru dapat meng-upload bahan ajar, materi, presentasi, sumber referensi, gambar, video, audio dan konten digital lainnya. Link dan File yang terdapat di Library dapat dibagikan baik kepada siswa maupun grup. Siswa juga dapat menambahkan konten yang dibagikan oleh guru ke dalam library-nya. Fitur ini dapat digunakan sebagai media untuk menampung berbagai sumber dari dalam dan luar. Sehingga siswa dapat menyimpan berbagai informasi dari luar namun tetap diakses melalui Edmodo.

  1. Award Badges

Fitur ini digunakan untuk memberikan suatu penghargaan baik kepada siswa maupun kelompok. Penghargaan dapat ditentukan oleh guru itu sendiri sehingga tidak menghambat kreatifitas guru dalam memberikan penghargaan. Selain itu juga dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam diskusi online.

  1. Parents Codes

Menurut Rismayanti (2012) dalam Yesi Syofiarni (2014), Fitur ini berfungsi memberi kesempatan kepada orangtua/wali masing-masing siswa dapat bergabung memantau aktivitas belajar dan prestasi putra-putrinya, guru harus mengakses kode untuk orang tua siswa dan kemudian membagikannya pada masing-masing orangtua/wali. Akses kode untuk orang tua siswa dapat diperoleh dengan mengklik nama kelas.

Dalam penggunaanya, pertama-tama membuka browser dengan situs www.edmodo.com atau langsung membuka aplikasi Edmodo di handphone/ smartphone.Aplikasi Edmodo dapat diunduh melalui PlayStore. Pada tahap awal, guru harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengeklik tombol I’m a Teacher. Kemudian mengisi form registasi dengan nama depan, belakang, email, dan passwordlalu sign up. Konfirmasi pendaftaran akun akan dikirim melalui email beserta petunjuk penggunaan edmodo. Setelah pembuatan akun guru, selanjutnya pembuatan akun siswa.

Pembuatan akun siswa diperlukan kode grup untuk berabung di sebuah kelas atau mata pelajaran. Kode tersebut diperoleh dari guru yang telah membuat akun tersebut sesuai kelas dan mata pelajaran. Selanjutnya siswa membuat akun dengan mengeklik I’m a Student.Kemudian mengisi kolom yang ada sesuai ketentuan dan panduan guru. Begitu juga orang tua dapat masuk ke dalam group yang sama dengan mengeklik akun   I’m a Parents. Dengan begitu, orang tua dapat masuk ke group dengan kode tertentu.

Dengan adanya Edmodo, diharapkan siswa dapat lebih memanfaatkan handphone dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Keaktifan siswa juga dapat tergali melalui diskusi di akun tersebut. Siswa juga dapat mengunduh file materi bahkan mengunggah tugasnya. Namun hal ini harus ada kerjasama antara guru dan orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Guru dapat memberi arahan, memimpin diskusi, dan memberi tugas secara online. Sedangkan orang tua dapat mengawasi proses belajar anaknya. Semoga kedepan pengunaan edmodo memberikan kontribusi terhadap proses belajar mengajar di sekolah yang tidak lagi terikat batas.

Editor : Ridho Ilahi, S.Pd  diambil dari berbagai sumber.

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top