SMKIT DARUSSALAM BOARDING SCHOOL 01 BATAM MENGGELAR UKK DENGAN BNSP, 37 SISWA IKUT SERTA

SMKIT DARUSSALAM BOARDING SCHOOL 01 BATAM MENGGELAR UKK DENGAN BNSP, 37 SISWA IKUT SERTA

Oleh : Siska Afradila, S.Pd

SMKIT Darussalam Boarding School 01 Batam menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dan sertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi  dari LSP P 3 Telematika Jakarta pada tanggal 25 Maret 2021. Yang diikuti seluruh siswa kelas XII TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa.

Foto : Pembukaan UKK oleh Kepala Sekolah dan Dewan Guru

Dengan unit kompetensi Skema Network Technician 7 kompetensi yang diujikan diantaranya menyiapkan kabel jaringan, memasang kabel jaringan, memasang jaringan nirkabel, memasang perangkat jaringan kedalam system jaringan, mengkonfigurasi switch pada jaringan, mengkonfigurasi routing pada perangkat jaringan dalam satu autonomous system dan mengganti perangkat jaringanyang rusak.

Sebelumnya sudah terlaksana sertifikasi dengan Skema KKNI Level II Akuntansi dan Keuangan Lembaga. sebanyak 15 Siswa  oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melaksanakan uji kompetensi dan sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Kartini di SMK IT Darussalam Boarding School 01 Batam,

Kegiatan UKK dan sertifikasi ini sudah berjalan dari pertama SMKIT Darussalam Boarding School 01 Batam berdiri sampai sekarang. Kepala sekolah SMKIT Darussalam Boarding School 01 Batam, Yanto Budiyanto, SE Mengatakan bahwasanya UKK Merupakan bagian penting yang harus diikuti oleh seluruh SMK sebelum menamatkan sekolah.

“dengan adanya pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian dan sertifikasi ini, diharapkan siswa yang mengikuti UKK  agar bersungguh-sungguh dengan baik. Karena sertifikat tersebut dapat digunakan untuk melamar pekerjaan ke perusahaan bahkan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi” ujar Yanto. “UKK ini bukan semata-mata ingin mendapatkan sertifikat saja, tetapi  pembelajaran yang dilakukan selama 3 tahun di sekolah akan menjadi evaluasi berhasil atau tidaknya siswa” tuturnya.

Yanto menjelaskan, kegiatan UKK ini merupakan cita-cita yang sangat besar untuk menciptakan budaya kerja sampai ketingkat yang professional.  Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK  dan menjadi standarisasi lulusan SMK yang ingin langsung bekerja.

 

 

 

 

 

 

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top