Rayakan 1 Muharram 1441 H, Yayasan Darusssalam Batam Melaksanakan Bakti Sosial

Sebagai yayasan yang mengelola lembaga pendidikan Islam, Yayasan Darussalam Batam memiliki misi menyelenggarakan pendidikan yang mengacu pada nilai-nilai Islam dalam filosofi, idiologi, dan aplikasi. Oleh karena itu, Yayasan Darussalam Batam mendorong lembaga-lembaga pendidikan yang dinaunginya melaksanakan program pembelajaran baik akademik, non akademik, maupun setiap kegiatan yang dilaksanakan disusun untuk mencapai misi tersebut. Misalnya dalam rangka memperingati Tahun Baru Hijriyah, untuk melatih kepedulian siswa terhadap sesama diadakan kegiatan bakti sosial.

Bakti sosial merupakan suatu kegiatan yang menunjukkan wujud kepedulian atau rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia. Dimana dengan adanya kegiatan ini dapat merekatkan rasa kekeluargaan antar sesama manusia. Karena Bakti Sosial mengajarkan untuk saling peduli, mewujudkan rasa cinta kasih, dan saling menolong.
Bentuk kegiatan Bakti Sosial yang dilakukan Yayasan Darussalam adalah membagikan Paket sembako dan santunan kepada Panti Asuhan, warga yang membutuhkan yang berada di sekitar yayasan, dan kepada siswa kurang mampu. Rinciannya, sembako akan dibagikan kepada 5 Panti Asuhan, 100 warga di sekitar yayasan, dan santunan untuk 100 siswa kurang mampu.

Sembako dan santunan yang dibagikan berasal dari infaq dan shadaqah seluruh siswa-siswi ditiap lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Darussalam Batam. Donasi tersebut digalang oleh Forum Komnikasi Islam Terpadu (FKIT) yang beranggotakan Wakil Kepala Sekolah bidang Islam Terpadu dan Staf dari semua lembaga pendidikan Darussalam.
“Untuk Donasi yang diselenggarakan bekerjasama dengan wali siswa se yayasan Darussalam yaitu, bakti sosial ke panti Asuhan, santunan siswa, dan santunan warga miskin yang berada disekitar yayasan Darussalam. Sistem pembagian untuk panti asuhan, dan warga kurang mampu berupa paket sembako. Untuk siswa kurang mampu berupa uang”. Ujar Bapak Zulhendra, S.Pd, ketua pelaksana peringatan Muharam Yayasan Darussalam Batam, Kamis (6/9/2019).

Melalui kegiatan ini diharapkan siswa-siswi di tiap lembaga pendidikan Yayasan Darussalam dapat menyadari bahwa setiap manusia memiliki kewajiban untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan bakti sosial juga mendorong pembentukan sikap dan kepekaan sosial pada diri siswa. (by: RF)

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top