Program Siswa Berkurban, Melatih dan Membiasakan Diri Siswa SMKIT Darussalam Boarding School 01 Batam untuk Berkurban

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وِللهِ الحَمْدُ

Takbir bergema dengan lantang di bumi Allah, suara umat berdentang mengagungkan Dia Yang Maha Kuasa. Menyambut hari yang suci dan penuh kemuliaan Hari Idul Adha.

Menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H, SMKIT Darussalam Boarding School 01 Batam mengajak seluruh siswanya untuk berkurban. Berkurban tidak semata berarti menyembelih hewan, berkurban melatih keihklasan kita untuk mengorbankan sebagian dari harta yang dititipkan Allah SWT.

Kegiatan ini dilakukan tanggal 11 Dzulhijah 1440 H. Acara dimulai dengan tausiah oleh Ustad Yaki, beliau memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para siswa tentang sejarah hari raya berkurban.

Selesai tausiah, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban yang dalam hal ini dipimpin langsung oleh Ustad Yaki. Beliau menjelaskan kepada seluruh siswa bagaimana cara menyembelih hewan kurban. Disini para siswa terlibat langsung dalam kegiatan pemotongan hewan. Mereka begitu antusias dalam memotong hewan kurban yang Alhamdulillah mereka beli dengan uang mereka. Telihat kepuasan bathin yang terpancarkan dari wajah mereka karena berhasil berkurban tahun ini.

Siangnya kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan. Di sini seluruh siswa dilibatkan untuk kegiatan lomba dengan tema Idul Adha. Lomba pertama adalah lomba pidato, disini semua perwakilan kelas menyampaikan pidato mereka dengan semangat yang begitu membara.

Lomba kedua adalah lomba Nasyid, disini seluruh siswa menampilkan bakat mereka dibidang tarik suara dengan lagu-lagu bertemakan islam. Lomba ketiga adalah lomba design grafis, dimana mereka akan membuat design gambar dengan tema Idul Adha.

Terakhir siswa melakukan lomba mengarang tentang Idul Adha. Disini siswa menceritakan pengalaman mereka tentang hari raya Idul Adha dan pengetahuan mereka tentang hari raya Idul Adha.

Semoga kita masih bisa berjumpa dengan hari raya Idul Adha tahun depan dan menjalankan ibadah kurban dengan penuh keikhlasan.

penulis : Sari

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top