Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem | Tema Ekosistem | Tematik Kelas 5 | Subtema 2

Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem | Tema Ekosistem | Tematik Kelas 5 | Subtema 2

(link video di bawah)

Bismillahirahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Apa kabarnya Ibu semuanya masih tetap semangat belajar di rumah semoga anak-anak ibu semua tetap sehat tetap semangat dan senantiasa menanti-nantikan video yang dibuat oleh bapak ibu guru walaupun dari rumah baik anak Ibu Sebelum kita mulai belajar maka kita mulai dulu dengan membaca doa. Berdoa dimulai

Doa sebelum belajar….

Bismillahirrohmanirrohim robbi zidni Ilma warzuqni fahma Amin

Tepuk PPK….

Religious… Nasionalis… Mandiri… Gotong royong… Integritas

Salam PPK….

Salam… cerdas… berkarakter… menyenangkan… luar biasa…hebat…

SDIT Darussalam sholeh… cerdas… trampil…yeah yeah

Baik anak ibu, sudah selesai berdoa sekarang kita akan masuk ke tema 5 tentang ekosistem subtema 2 hubungan antarmakhluk hidup di dalam ekosistem nah disubtema 1 kemarin anaknya ibu sudah belajar tentang ekosistem kan Nah sekarang kita akan masuk ke hubungan antarmakhluk hidup di dalam ekosistem tersebut. Anak ibu semuanya adapun tujuan pembelajaran kita kali ini adalah:

  1. Siswa mampu mencari gagasan poko dari teks non fiksi
  2. Siswa mampu mendeskripsikan tentang hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem
  3. Siswa mampu mendeskripsikan tentang pengaruh kondisi geografi Indonesia.
  4. Siswa mampu menjelaskan tentang proses proklamasi kemerdekaan Indonesia
  5. Siswa mamapu membedakan property dari masing masing tarian.

Eh anak ibu semuanya coba perhatikan diberita ini ok sudah lihat disitu disebutkan tentang kerbau rawa khas sumsel yang nyaris punah. Wah kasian ya kenapa bias punah? Mungkin apa kerbaunya dibunuh atau mungkin kurang makan ya.

Ada lagi nih berita yang berikut ini ini tentang orangutan orangutan pernah dengar tentang orangutan? kenal enggak dengan orangutan? kenapa ya kedua hewan ini bisa terancam punah hmm… bisa jadi kedua hewan ini tadi terancam punah karena pertama itu habitatnya yang sudah dirusak tempat tinggal mereka dirusak mungkin karena untuk membuat dibuat kebun perkebunan atau pengambilan pohon-pohon kayu yang besar untuk digunakan sebagai bangunan atau bisa jadi adanya kompetisi antara hewan-hewan tersebut dalam memperebutkan tempat tinggal dan juga memperebutkan makanan serta juga biasanya itu unjuk kekuasaan atau punahnya atau terancam punah hewan ini tadi karena memang makanannya sudah nggak ada lagi yuk kita cari tahu kenapa hewan-hewan ini bisa terancam punah. mungkin bisa jadi kita ambil faktor makanannya

Baik anak ibu perhatikan nih nih ini oh ini adalah badak eh ini ini adalah gajah ini nih yang ini Ini adalah harimau uh hewan-hewan ini Baik tadi badak Harimau dan gajah adalah hewan-hewan yang terancam punah bahkan harimau jawa itu sudah punah beberapa puluh puluh tahun yang lalu katanya seperti itu

Nah anak-anak ibu punahnya hewan-hewan ini tadi berkaitan juga salah satu faktornya tadi adalah makanan nah di dalam ekosistem itu ada beberapa populasi kemudian ada juga hewan-hewan yang saling berkaitan, kaitan antara hewan-hewan ini terjadi hubungan peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu misal nih nanti ada tumbuhan kita ambil contoh padi. Padi dimakan oleh tikus tikus dimakan oleh ular kemudian ular bisa saja dimakan oleh burung elang burung elang karena sesuatu dan lain hal dia mati matinya burung elang tadi jatuhkan ke bumi kemudian dia membusuk pembusukan terjadi karena ada mikroorganisme yang mengakibatkan burung elang ini tadi membusuk. Nama lain mikroorganisme di sini kita sebut sedia dekomposer bisa nanti dekomposer yaitu adalah jamur atau bisa jadi bakteri

Baik karena ibu kita udah lihat tadi hewan-hewan itu hidup di sebuah ekosistem kalian sudah belajar ekosistem dan macam-macam ekosistem gitu jadi di dalam ekosistem itu berbagai macam hewan tadi dia hidup membutuhkan makanan jadi peristiwa makan dan dimakan antarmakhluk hidup itu tadi dengan urutan-urutan tersebut disebut rantai makanan. Nah Di Dalam rantai makanan itu sendiri ada yang namanya produsen. Produsen tuh biasanya tumbuhan. kedua ada yang namanya konsumen pertama. yang ketiga ada konsumen kedua konsumen pertama nih konsumen pertama itu biasanya adalah hewan herbivora yang memakan tumbuhan padi dan konsumen kedua itu biasanya hewan karnivora. Begitu juga dengan konsumen ketiga. setelah konsumen ke-3 nanti dia mati maka dia jatuh ke bumi dan kemudian akan diuraikan oleh decomposer. Decomposer bisa jamur bisa bakteri hasil dari penguraian dari konsumen 3 tadi yang sudah mati membusuk itu akan menjadi zat hara buat tumbuhan agar dia bisa terus berkembang biak. Nah peran makhluk hidup dalam rantai makanan itu terus berlangsung sedemikian rupa sehingga makhluk hidup tetap bisa bertahan hidup .

Baik anak Ibu tadi kita sudah lihat tentang rantai makanan yaitu peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup tadi Nah Di Dalam rantai makanan tadi ada tingkatannya tingkatan yang pertama itu adalah produsen, yaitu tumbuhan hijau tadi itu adalah tingkatan yang pertama. tingkatan yang kedua yaitu konsumen pertama biasanya hewan herbivora tadi yang memakan tumbuhan kemudian tingkatan yang ketiga adalah konsumen kedua biasanya karnivora yang memakan tumbuhan yang memakan hewan herbivora tadi dan seperti itu sementara ada yang namanya konsumen Puncak. konsumen Puncak yaitu makhluk hidup yang menduduki tingkat tertinggi itulah konsumen Puncak siapa ya manusia ya konsumen puncak itu nah anak-anak Ibu bisa lihat nanti gambar berikut ini disini adalah urutan tingkatan di dalam suatu rantai makanan di dalam rantai makanan tadi nanti akan ada yang namanya aliran energi the beano

Oke anak ibu Bu tadi kan Ibu sudah bilang dilihat di dalam rantai makanan tadi ada namanya aliran energi bukan hanya aliran air aja yang ternyata ada ya ada juga aliran energi Mari Perhatikan gambar berikut ini amati dulu nah gambar berikut ini disini kalau kalian bisa lihat terdiri dari beberapa populasi. Populasi tersebut maka disini akan terjadi Perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain atau Perpindahan energi dari satu tingkatan ketingkatan lainnya di dalam suatu rantai makanan. Perpindahan energi Inilah yang disebut aliran energy. maka apabila di dalam sebuah ekosistem semakin banyak populasinya maka aliran energinya semakin panjang are bisa lihat misalnya contoh tadi ada tumbuhan dimakan oleh herbivora kita ambil contoh di sini misalnya rusa. rusa kemudian diburu oleh harimau atau singa kemudian harimau atau singa misalnya mereka berkompetisi nanti kemudian mati dan dia akan diuraikan oleh dekomposer atau didalam gambar ibu tadi kalian sudah mati itu ada kolam di dalam kolam ada tumbuhan air kan kemudian dimakan oleh ikan-ikan dimakan oleh ikan yang lebih besar lagi ikan yang lebih besar lagi diambil oleh elang kemudian ulang mati diuraikan oleh dekomposer kalian bisa lihat populasi yang ada di dalam kolam kemudian ada yang dimakan oleh tadi hewan yang memakan tumbuhan itu sudah dua aliran energi kan Jadi kalian bisa amati kira-kira di dalam sebuah ekosistem bisa berapa macam aliran energinya karena kayak gitu tadi populasinya semakin banyak

Baik anak Ibu tadi kita udah belajar aliran energi di dalam suatu rantai makanan Nah tadi baik yang ada di rantai makanan maupun aliran energi itu adalah hewan-hewan yang saling berhubungan kah Nah antarmakhluk hidup tadi apabila dia ada interaksi maka akan menciptakan simbiosis.

Apa itu simbiosis ada yang tahu sudah pernah dengar atau kayaknya Kayak sejenis makanan gitu pasti anaknya ibu sudah tahu Iya betul simbiosis itu adalah hidup bersama antara dua makhluk hidup yang berbeda jadi 2 makhluk hidup yang berbeda mereka berhubungan maka akan tercipta simbiosis dan simbiosis ini dibagi atas beberapa betul sekali dibagi atas tiga yaitu yang pertama simbiosis mutualisme yang kedua simbiosis komensalisme yang ketiga simbiosis parasitisme.

Tahu apa itu yang pertama simbiosis mutualisme sudah pernah dengar simbiosis mutualisme yaitu interaksi antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan jadi tidak ada yang dirugikan di sini dua-duanya saling menguntungkan Coba lihat contoh berikut ini nah ini adalah gambar bunga dan ada lebah-lebah mengambil sari-sari bunga yang nantinya akan diubah menjadi madu gitu ya. sementara ke dari bunga tadi bisa terambil serbuk sari.

Dan kemudian karena lebah ini nanti dia berpindah ke bunga yang lain maka akan terjadi penyerbukan jadi madu membantu bunga melakukan penyerbukan sementara lebah mendapatkan serbuk sari untuk dijadikan makanan lebah yang nantinya akan dihasilkan madu yang berikutnya nih gambar sini nih perhatikan ini adalah gambar kerbau kerbau di atas punggungnya ada burung jalak burung jalak memakan kutu kutu yang ada di kerbau di badan kerbau sehingga kerbau tidak lagi digigitin kutu gitu ya dan jalak diuntungkan karena dia mendapat kutu sebagai makanannya jadi kerbau beruntung karena terbebas dari kutu dan jala kenyang karena mendapat kutu dari badan kerbau itu adalah simbiosis mutualisme itu simbiosis mutualisme sekarang kita masuk ke simbiosis komensalisme ada yang tahu apa komensalisme baik betul sekali komensalisme yaitu hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang untungkan salah satu pihak menjadi ada yang diuntungkan sementara pihak yang lain tidak dirugikan sama sekali.

Ini malah dia enggak ada ngerasa papa gitu yang satu di untungnya lain satu tidak merasa dirugikan Coba lihat contoh di sini nih contohnya nih contohnya adalah ikan hiu dengan ikan remora. ikan remora itu mengikuti ikan hiu dia memakan sisa-sisa makanan yang dimakan oleh ikan hiu sementara ikan hiu gak ngerasa huruf dirugikan apapun atau contoh di sini nih bunga anggrek yang nempel di pohon bunga anggrek dia menciptakan makanannya sendiri enggak perlu mengambil dari pohon yang dia tumpangi atau anak Ibu bisa lihat pohon sirih yang merambat di pohon-pohon si itu juga tidak mengambil makanan dari pohon ini cuma menempel saja jadi pohon tidak dirugikan sementara Bogor pohonnya apa pohon bunga walaupun ikan yang menempel di kain Yutani mereka mendapat keuntungan dari itu Hai baiknya ibu sekarang kita masuk ke parasitisme kalau tadi udah mutualisme

Sekarang komensalisme nah saat ini kita akan membahas parasitisme parasit Apa itu simbiosis parasitisme simbiosis parasitisme parasitisme itu hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang satu diuntungkan sementara yang satu lagi dirugikan Nah jadi enggak enak ya dia udah numpang merugiin lagi apa contohnya kita lihat nih nih contohnya adalah tikus yang makan padi Pak Tani dia udah merusak tikusnya kenyang tapi paginya hancur gagal panen pertanian atau kutu terhadap kutu kepala lihat kutu atau pernah berkutu kutu yang nempel di kepala tuh nih contohnya nih contohnya kutu yang menghisap darah dikepala mengakibatkan kepala menjadi gatal dan berkudis dan Utuh dia sehat karena mengambil darah dari kepala itu ya Jadi ini tidak baik sekali baik

Nah sekarang tadi kan di awal sekali makhluk hidup itu terjadi hubungan-hubungan yang pertama udah kita bahas yaitu simbiosis simbiosis ada tiga mutualisme komensalisme parasitisme

Nah, sekarang hubungan yang kedua adalah predasi Apa itu pereduksi kedengarannya agak horornya Kenapa karena disini predasi ini adalah hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup dimakan dan dimakannya biasanya di dalam predasi ini ada yang disebut Predator nih contohnya Predator nih ini Predator ini seram ya. Predator biasanya adalah hewan hewan karnivora yang bergigi taring dan makanannya adalah daging. Sementara yang dimangsa atau prei itu biasanya hewan-hewan herbivora yang memakan rumput contohnya Ini ibu ambil contoh di sini yang Predator adalah harimau yang prei atau mangsanya adalah Rusa dan kemudian biasanya di sini mereka akan saling mengejar yang prei sangat waspada sementara yang Predator bersiap-siap untuk mencari mangsanya sendiri.

Berikutnya adalah kompetisi-kompetisi ini terjadi yaitu persaingan antar dua makhluk hidup atau lebih untuk memperebutkan sumber daya yang sama di tempat yang sama mungkin anak ibu pernah ngeliat di Discovery Channel mungkin atau di Geographic Channel Tentang hewan-hewan yang biasanya itu di daratan Afrika atau mungkin di tempat kita juga di hutan hujan basah itu biasanya terjadi kompetisi perebutan wilayah kekuasaan untuk sebagai tempat tinggal atau sebagai sumber makanan juga ambil contoh di sini adalah antara singa dengan hina bukan hina ya tapi hina Gimana caranya bekompetisi sehingga dengan hina biasanya mereka berkompetisi ini untuk merebutkan wilayah yang didalamnya ada mangsa sebagai sumber makanan mereka atau antara singa yakni di sini Bu ambil contoh adalah harimau dengan beruang biasanya wilayah habitat tempat tinggal mereka mempertemukan seperti itu.

Beeeerrrr dingin ya, dingin sekali cuacanya. kalau cuaca dingin begini kira-kira karena tahu enggak sih kitanya berada di mana ya. Oh betul-betul daerah pegunungan sebelumnya ibu suka sekali dengan pegunungan luar biasa Kenapa di Gunung itu indah Wah kalo ngomongin pegunungan jadi hilang di dinginnya backup semangat kita mulai ah

Pegunungan atau daerah sekitar pegunungan itu sebuah tempat yang luar biasa indah harmonis dinamis karena hubungan antara tumbuhan dengan hewan hewan yang didalamnya tanpa ada gangguan manusia menciptakan keindahan yang luar biasa pernah ke Gunung Bromo kita ambil contoh gunung Bromo kitamenuju ke Gunung Bromo ikut ibu

Wow Ini dia Gunung Bromo indah sekali puncaknya yang tinggi pohon-pohon yang hijau Banyak orang datang kemari hanya ingin melihat Sunset atau sunrise di Gunung Bromo ini jadi ternyata ada efek laindi Gunung Bromo yang indah ini bagi masyarakat yang ada di sekitarnya Apa itu kita kemon

Tahu ini dia lihat ini adalah kebun the. kebun teh tentu akan menambah pendapatan masyarakat yang ada di sekitarnya mulai dari tukang petik daun teh mulai dari yang tukang tanam ya maka tadinya masyarakat yang ada di sekitar sini tidak ini pendapatan menjadi mendapatkan pendapatan uang dari hasil yang ada di sini selain kebun teh terlihat di sana itu adalah pertanian yang dibuat oleh masyarakat sekitar baik itu menanam daun bawang kah call kah tomat lobak sawi dan segala macamnya semuanya bisa dimanfaatkan karena tanahnya sangat subur makanya Ibu ini hanya sebagian dari daratan yang ada di Indonesia daerah Bromo di tempat-tempat lain juga seperti itu baik yang di daratan pegunungan begini maupun yang di lautan seperti itu

Ternyata selain kehidupan mereka sebagai petani juga ada kepercayaan berbagai macam yang disekitar….. Selain bertani masyarakat yang ada di sekitar juga mempunyai kepercayaan yang beragam Namun dua biasanya kepercayaan yang beragam di sini tidak menjadi pemicu mereka berpisah tapi menjadi akrab dan saling tolong-menolong dan bergotong royong dan selain itu juga pemerintahan kita pemerintah kita juga berdasarkan undang-undang pasal 33 ayat 3 yang banyak menyatakan bahwa bumi air dan tanah yang ada di dalam negara Indonesia dikelola dan dipergunakan sebanyak-banyaknya untuk kepentingan masyarakat Indonesia.

Nah kita lihat ini adalah contoh pertanian padi dengan sistem terasering yang ada di daerah Bali Kenapa di daerah Bali? ini menjadi warisan budaya nasional dan juga mendunia lho nak sudah diakui oleh UNESCO Kenapa begitu? Nah di dalam sistem pengairan Subak Bali ini dibutuhkan pertama itu sikap kekeluargaan dan gotong-royong selain sikap kekeluargaan dan gotong-royong yang didasarkan rasa kekeluargaan seperti rasa saling menyayangi bertanggungjawab dan juga mempertahankan nilai-nilai kekeluargaan. Jadi intinya di dalam sistem subak ini adalah sikap kekeluargaan dan gotong-royong yang tidak luntur karena waktu mereka bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan jadi tidak hanya orang per orang aja yang boleh menghasilkan tak padi yang bagus tapi semua orang yang bergabung di dalam subak itu harus mendapatkan hasil yang sama

Nah kalian tahu siapa beliau ini ? beliau ini adalah bapak proklamator Indonesia siapa? betul sekali bapak Insinyur Soekarno selain siswa Insinyur Soekarno siapa lagi? Betul Bapak Muhammad Hatta besoknya Ibu apa hubungannya tadi kita akan mulai dari itu ya dari semangat Subak Bali kenapa kemarin ada hubungannya nah muncul ya Semangat Subak Bali itu tidak hanya pada waktu itu aja semangat persatuan gotong royong kerjasama itu muncul dimulai dari perjuangan kemerdekaan Indonesia ini. Semangat itulah yang terus bersemayam di dalam diri rakyat Indonesia maka rakyat Indonesia akan senantiasa bersatu kemudian terciptalah keharmonisan diantara kita seperti itu. Anda Ibu lihat kemerdekaan Indonesia tidak dicapai dengan mudah bukan dengan tidur tiba-tiba Merdeka begitu tidak panjang perrjuangannya.

Bagaimana Insinyur Soekarno dan dokter Muhammad Hatta mereka apa namanya merencanakan itu sedemikian rupa kemudian anak Ibu nanti bisa baca dibuku Bagaimana prosesnya sampai kemudian terjadilah peristiwa proklamasi di Jakarta yang sebentar tapi begitu diproklamasikan maka meluas keseluruh Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia bersukacita untuk kemerdekaan yang sudah diperjuangkan sekian lama tersebut

Perjuangan ini juga didasari oleh bangkitnya para pemuda yang berasal dari setiap daerah walaupun mereka berbeda-beda suku berbeda-beda latar belakang budaya Tapi demi satu kata Merdeka, mereka bersatu dan kemerdekaan itu berhasil diraih

Ada yang suka nari? Tari itu selain ya untuk juga untuk nyenengin hati gitu ya Nah ada ibu ngomongin tarik tahu enggak sih pasti tari-tari itu yaitu seni yang gerakan berupa Gerakan tubuh berirama teratur dengan diiringi musik jadi itu untuk mengungkapkan perasaan Nah ini salah satunya nih tari piring tahu tari Piring dari mana betul sekali dari Ranah Minang rancak bana. selain dari tari piring ada juga tari-tari yang lain setiap hari mempunyai ciri-ciri dan kekhususan terutama alat-alat tari atau Properti tarinya tari piring pasti pakai piring kalau tari kipas ya pakai kipas mungkin pakai sapu ya kalau tari apalagi ada nih Tari Nyiru namanya masih dari Sumatera Barat juga dipakai tampah. Maka properti tari ini menjadi ciri khusus dari tari tersebut. Kemudian selain properti tari ada juga tarian ini diambil dari alam seperti tadi contoh disini tari Maung lugay. tari Maung lugay berasal dari Jawa Barat Tari maung lugay terinspirasi dari gerakan Harimau jadi powder gerakan harimau berarti Tuh gagah gitu ya tadi ini menginspirasiku namanya menyuarakan atau melambangkan semangat kepahlawanan semangat keperkasaan dan semangat pantang mundur. Ini berkaitan dengan rasa persatuan kesatuan tadi itu ya properti tarinya pasti bajunya yang ada loreng-loreng gitu ya bercorak harimau itu tadi tentang properti tari.

Anak Ibu tahu enggak ini kira-kira apa ya bahan-bahannya pamflet ini namanya ini lho yang disebut namanya pamflet Ya betul pamflet-pamflet itu adalah tulisan yang dapat disertai gambar ataupun tidak dan dia tidak perlu disampul kemudian juga tidak perlu dijilid cukup satu kertas aja satu sisi ataupun di kedua Sisinya nanti gitu itu pamflet salah satu contohnya adalah itu atau anak Ibu bisa bikin yang lain contoh pamflet baik itu tentang korona ataupun tentang yang lainnya misal karena Ibu juga mau membuat sebuah acara dengan teman-teman mungkin bisa dibuat pamflet juga seperti terjadi bisa banyak hal yang ini tadi itu cuma salah satu contohnya silahkan berkreasi buat sendiri pamflet ala kalian dan kemudian kalian eksplorasi bersama teman-teman

Baik anak ibu sekian dulu video dari ibu sampai ketemu lagi di video-video berikutnya tetap semangat tetap jaga kesehatan kita akan ketemu lagi di lain waktu alamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

1 thought on “Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem | Tema Ekosistem | Tematik Kelas 5 | Subtema 2”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top