Andaikan Hanya Offline

Andaikan Hanya Offline

Oleh: Salsabilla Nurzahara

ย 

Pagi hari yang sangat berbeda bagi seorang salsabilla nurzahara, ya tepat sekali, salsa yang masih berada di atas tempat tidurnya, dia yang sedang memandang jam yang menunjukkan pukul 07.30 wib. Hari ini tepatnya sudah 2 tahun lebih daring, tidak terasa sudah ku lewati berbulan-bulan kehidupan virtual.

Hari ini hari kenaikan kelas, sekarang aku sudah kelas 9, seperti tidak ada yang berbeda dari biasanya, setelah bangun tidur langsung ke kamar mandi, balik ke kasur, dan membukalaptop/ handphone untuk memulai zoom, and my activities keep repaiting like that. Setelah mandi aku langsung pakai baju seragam atasan, bawahnya tetap celana tidur, aku langsung masuk ke dalam meet kelas di google clasroom.

Jujur semalam aku lupa maskeran, jadi aku maskeran pagi hari sambil meet berlangsung, maka itu aku tidak membuka kamera saat meet alhasil ketakutan terbesarku pun terjadi, aku disuruh buka kamera dan yang lebih parahnya lagi perkenalan menggunakan bahasa inggris, alhamdulillah aku bisa introduce my self in english dengan kepintaran otakku yang melebihi google translate, aku pun langsung mencuci masker wajahku.

Aku senang sekali ketika mengetahui kalau teman kelas 9 ini tidak berubah dari kelas 8 masih dengan orang yang sama, ya lebih asik aja sih ga perlu beradaptasi lagi. Singkat cerita setelah 4 minggu berlalu, aku lagi meet pelajaran matematika hmm dari awal si aku ada firasat buruk kalau quota aku habis di tengah pelajaran matematika, dan ya benar aja tiba-tiba aku keluar dari google meet pas aku cek paket udah habis banget, karena kebanyakan kepakai buar game sama nonton drakor, aku pun langsung bergegas membeli quota.

Setelah sampai di rumah aku langsung buka google meet, pas aku masuk kedalam meet tidak ada satu akun/ orang pun yang ada didalam meet, ternyata hari ini penilaian harian matematika, dan tadi lagi pembahasan materi. Aku grogi saat mengerjakan PH nya karena tidak paham materi, bahkan aku pun tidak tahu materi apa yang lagi aku pelajari.

Saat mengisi soal PH aku tidak yakin kalau nilai ku lulus KKM. Setelah 1 minggu berlalu hasil PH pun keluar, dugaanku benar nilai ku tidak lulus KKM, baru kali ini aku mendapat nilai 35, ya sudahlah aku hanya bisa menerima kenyataan. Begitu juga dengan pelajaran yang lain, seperti IPA, MTK, IPS, nilai ku turun drastis karena tidak paham materi. Untungnya sudah diperbolehkan masuk sekolah, jadi aku lebih bebas bertanya kepaada guru apabila ada materi yang aku belum paham. Pelajaran sekolah daring yang terakhir ku pelajari tidak banyak membantu, lebih banyak yang tidak meresap di kepala, lantas menguap begitu saja dan terlupakan.

Awal-awal masuk sekolah ofline aku tidak bisa fokus, pikiranku masih terbayang-bayang dengan dunia virtual ku, tapi seiring berjalannya waktu aku mulai bisa memahami semua materi yang guru ajarkan. Terkhusus untuk pelajaran IPA, mencintai tapi belum bisa menguasainya.

Sudah mau penilaian tengah semester semua pelajaran dipercepat, mau tidak mau aku harus merangkum semua materi permata pelajaran. Andai waktu sekolah daring aku fokus mendengarkan guru saat meet berlangsung, mungkin sekarang aku tidak kesulitan saat penilaian harian. Sungguh andai aku bisa kembali pada waktu sekolah daring, niscaya akan ku selesaikan semua, takkan pernah ku siakan waktu. Seiring berjalannya waktu tanpa di sengaja aku mulai menyukai pelajaran IPA, MTK, IPS, yah tergantung materinya juga, berhubung aku terobsesi dengan luar negeri jadi aku menyukai pelajaran IPS, dan kalau MTK dan IPA aku tidak tahu kenapa aku bisa suka hitung-hitungan, terbukti sih ketika aku menyukai pelajaran itu nilai aku pun sesuai dengan apa yang aku harapkan, hasilnya semua membanggakan tidak satu pun nilai merah, semoga ujian nanti aku bisa mengerjakannya dengan lancar dan hasil memuaskan.

 

Biodata Narasi

Haii, aku Salsabilla Nurzahara, just call me Sal. Aku lahir di Batam, 08 Agustus 2007. Aku tinggal di kota Batam MKI 1 genta 1 blok X nomor 12. Sekarang aku kelas 9 A sekolah di SMPIT DARUSSALAM 01 BATAM, cita-citaku ingin menjadi dokter. Aku juga suka berenang, membaca, dan menulis. Aku mulai suka membuat puisi sejak kelas 8 dan rata-rata puisiku tentang si “dia” Follow juga Instagram @slsblnzhr dan Twitter aku ya @Umbrellagirl20 Terimakasih.

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

1 thought on “Andaikan Hanya Offline”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top