Selamat Hari Sumpah Pemuda

SDIT Darussalam 01 Batam. Kemajuan teknologi begitu banyak memberikan dampak kepada semua lapisan masyarakat, terlebih lagi untuk generasi millenial. Ketertarikan generasi muda terhadap dunia teknologi banyak dituangkan dalam bentuk kreativitas melalui platform sosial media seperti youtube, instagram, facebook, twitter dan lainnya. Ada yang isinya mendidik dan menambah wawasan, namun tidak jarang pula content yang ditawarkan hanya content abal-abal, yang sering dikenal dengan content “un faedah”.
Belum lama ini vidio viral yang membuat hati menjadi miris adalah vidio prank sampah yang dilakukan oleh para pemuda di kota Bandung, atau masih banyak lagi vidio-vidio lain yang bersifat kurang mendidik, baik dalam segi visual ataupun verbal yang di sajikan oleh creator-creator muda saat ini.
Generasi muda adalah tonggak peradaban suatu bangsa, dalam genggamannya ada tanggunng jawab bangsa untuk ditentukan. Jika kita melihat sejarah, tentu telah banyak generasi muda emas yang lahir sepanjang sejarah. Hal ini telah menjadi bukti bahwa Islam mampu “mengcreate“ generasi-generasi hebat, sebut saja. Zubair bin Awwam saat berusia 15 tahun. Ialah yang pertama kali menghunuskan pedang di jalan Allah. Diakui oleh Rasul Shallallahu’alaihi wasallam sebagai hawari-nya. Tidak kalah menginspirasi kisah Mu’adz bin Amr bin Jamuh di usia 13 tahun dan Mu’awwidz bin ‘Afra di usia14 tahun. Membunuh Abu Jahal, jenderal kaum musyrikin, di perang Badar. Lalu ingatkah kita dengan Thalhah bin Ubaidullah saat berusia 16 tahun. Menjadi orang Arab yang paling mulia. Berbaiat untuk mati demi Rasul Shallallahu’alaihi wasallam pada perang Uhud dan menjadikan dirinya sebagai tameng bagi Nabi dan inilah sejarah yang paling sering kita dengar Muhammad Al Fatih saat berusia 22 tahun. Ia mampu menaklukkan Konstantinopel ibu kota Byzantium pada saat para jenderal agung merasa putus asa.
Generasi luar biasa dimasa lalu begitu memiliki hasrat yang agung dan mulia. Hasrat yang berangkat dari kecintaan mereka terhadap Rabb dan Rasul Nya dan keinginan mereka memberikan yang terbaik untuk umat. Cita-cita yang lahir dari keimanan kokoh yang begitu kuat mengakar di dalam jiwa mereka.
Bukan tidak mungkin generasi hebat itu hadir kembali. Bagaimana pun anak–anak muda muslim adalah awal mula dari kelahiran generasi hebat. Generasi hebat itulah yang sedang di persiapkan di SDIT Darussalam 01 Batam. Generasi yang mencintai Rabb dan Rasull Nya, generasi yang akan menjadi sejarah-sejarah baru dalam peradaban islam selanjutnya.
Sebagaimana kita tahu berlian yang berkilau itu sesungguhnya, ia perlu ditempa dengan proses yang panjang, dicuci, diasah, dan dimurnikan agar kemilaunya tampak. Generasi hebat itu sesungguhnya tidak bisa lahir dengan sendirinya. Mereka harus dilahirkan dari rahim sebuah sistem yang akan memberikan mereka suasana yang mendukung untuk melejitkan semua potensi yang mereka miliki ke arah yang mulia.
Untuk seluruh anak-anak kami, jadilah generasi muda muslim hebat yang membanggakan.
Selamat hari sumpah pemuda 28 Oktober 2020. (ID)

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top