GELAR HYPNOTEACHING, SDIT DARUSSALAM 01 BATAM IKUT AMBIL PERAN

Darussalambatam.com Hypnoteaching merupakan tehnik dan seni mengajar yang menggunakan sugesti-sugesti positif dengan cara merubah gelombang otak yang menjadikan proses pembelajaran semakin efektif dengan kondisi kesiapan mental siswa yang bagus dalam pembelajaran. Sabtu (20/03/2021), Yayasan Darussalam Batam menggelar kegiatan Motivation Training dengan tajuk  “ Hypnoteaching, pembelajaran yang menghipnotis” . Kegiatan ini di selenggarakan di Aula utama Masjid Al-Murid SDIT Darussalam 01 Batam, kegiatan dibuka langsung oleh Direktur Pendidikan Yayasan Darussalam Batam yaitu Bapak H.Omas Sauludin, S.Pd., MM.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, tentu besar harapan setelah mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pengajaran di lingkungan Yayasan Darussalam Batam kedepannya”  ujarnya  dalam sambutan.

Secara teori hypnoteaching merupakan sebuah model pembelajaran yang dapat diterapkan di Sekolah Dasar karena model ini sangat mudah beradaptasi dengan kondisi siswa. Sebagaimana dikemukakan oleh Nurcahyo (dalam Hajar 2012: 75), secara harfiah, hypnoteaching berasal dari kata hypnosis dan teaching. Hypnosis sendiri adalah seni berkomunikasi untuk mempengaruhi seseorang, sehingga mengubah tingkat kesadarannya, yang dicapai dengan cara menurunkan gelombang otak dari betha menjadi alpha atau theta. Sedangkan teaching adalah mengajar. dari sini, kemudian bisa diartikan bahwa hypnoteaching adalah seni berkomunikasi dalam mengajar dengan jalan memberikan sugesti agar para siswa menjadi lebih cerdas. Melalui sugesti yang diberikan, diharapkan mereka tersadar dan tercerahkan bahwa ada potensi luar biasa yang selama ini belum pernah mereka optimalkan dalam pembelajaran.

Mengahdirkan profesional trainer asal kota kembang, Bapak Edi Junaidi, S.Pd., M.Pd.i., CH., CHT., PHt. Tidak ketinggalan SDIT Darussalam 01 Batam, ikut ambil peran dengan mendelagasikan beberapa tenaga pendidiknya untuk ikut serta dalam kegiatan ini, besar harapan kepada pengajar yang di delegasikan dapat menularkan keilmuannya kepada pengajar lainnya.

Motivation training ini berlangsung dengan khidmat dan seluruh peserta sangat antusias untuk berperan aktif selama proses training berlangsung. “Pelatihan ini sangat berkesan, saya harap saya dapat mengaplikasikan ilmu di depan kelas saat berinteraksi dengan anak-anak nantinya” ujar ustadz Muhammad Arif salah satu peserta dari SDIT Darussalam 01 Batam.

Ifal Defami, S.Pd

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

2 thoughts on “GELAR HYPNOTEACHING, SDIT DARUSSALAM 01 BATAM IKUT AMBIL PERAN”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top