DIBERI IZIN PTM SDIT DARUSSALAM LAKASANAKAN PTS OFFLINE PERDANA

Sekolah adalah suatu lembaga pendidikan yang dirancang secara khusus untuk mendidik peserta didik dalam pengawasan para pengajar atau guru. Sebuah pendidkan tentu perlu melakukan evaluasi guna dijadikan sebagai tolok ukur ketercapaian sebuah tujuan dari proses pembelajaran yang telah dilalui oleh peserta didik.

Evaluasi dapat dilakukan setelah menyelesaiakan satu kompetensi dasar atau lebih. Evaluasi di sekolah dikenal dengan istilah PH (Penilaian Harian), PTS (PenilaianTengah Semester) , Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Berdasarkan kalender akademik tahun 2021/2022. SDIT Darussalam 01 Batam melaksakan PTS dari tanggal 4 s/d 9 Oktober 2021, pelaksanaan PTS tahun ini diikuti oleh seluruh peserta didik SDIT Darussalam 01 Batam yang berjumlah -/+ 1159 peserta didik. Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya pelaksanaan PTS yang dilakukan secara Online, namun kali ini PTS dilaksanakan secara Offline. Setelah adanya izin Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dari Dinas terkait.

Saat pagi hari peserta didik sudah menunjukan semangat yang tinggi untuk menyambut PTS pertama mereka, .
Mereka menempati ruangan ujian berdasarkan nomer kartu peserta ujian yang dimiliki.
Diharapkan selama pengerjaan soal PTS peserta didik selalu menjunjung tinggi nilai kejujuran, sportifitas dan mematuhi tata tertib yang telah ditetapkan selama proses pelaksanaan PTS berlangsung, sehingga kegiatan PTS tahun ini dapat berjalan dengan lancar, kondusif dan tertib.

Penerapan protokol covid-19 juga masih terus dilakukan dengan penggunaan masker, cek suhu tubuh, mencuci tangan, dan penyemprotan disinfectan di setiap ruang ujian dan fasilitas penunjang lainnya. Pelaksanaan PTS tahun ini juga dilakukan secara bertahap dengan membagi jumlah siswa menjadi 50 % di setiap ruangan.

Adapun maksud dan tujuan diadakannya PTS diantaranya adalah:
1.  Mengukur kemajuan belajar peserta didik setelah setengah semester.
2. Mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah proses pembelajaran selama setengah semester.
3. Menentukan nilai hasil belajar peserta didik setelah proses pembelajaran beberapa KD (Kompetensi Dasar).
4. Melakukan perbaikan pembelajaran pada setengah semester berikutnya.

 

Setelah selesai melaksanakan kegiatan Penilaian Tengah Semester, wali kelas akan membagikan raport sementara yang nilainya diambil dari nilai murni penilaian tengah semester . Dimana nantinya akan digunakan untuk mengetahui kemajuan peserta didik secara individual sehingga para guru dapat memberikan perhatian lebih bagi peserta didik yang mengalami kemunduran dalam proses belajar.
Selain itu, agar para guru mendapatkan feedback dari peserta didik atas proses pendidikan yang telah dilaksanakan sehingga para guru memiliki referensi yang akurat atas kemampuan peserta didik dalam proses belajar

 

Ifal Defami, S.Pd

Share Postingan Ini Jika Bermanfaat :

2 thoughts on “DIBERI IZIN PTM SDIT DARUSSALAM LAKASANAKAN PTS OFFLINE PERDANA”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top